bahan kimia pada parfum

Bahan Kimia yang Sering Ditambahkan ke Dalam Parfum

Bahan kimia dapat diperoleh pada kosmetik yang sering digunakan dalam masyarakat, yaitu parfum. Parfum berfungsi untuk menambah rasa percaya diri pada konsumennya.

Pada saat sekarang ini parfum banyak dicampur dengan minyak dan alkohol. Alkohol yang digunakan sebagai pelarut parfum biasanya metanol, etanol dan isopropanol. Mengingat bahaya kelebihan penggunaan alkohol dalam parfum maka dilakukan pengujian tentang batas kandungan alkohol.

Kehadiran alkohol pada parfum sebagai pelarut, pengikat bahan-bahan esensial agar aromanya lebih tahan lama. Parfum yang  pelarutnya berasal dari nonalkohol maupun beralkohol.

Etanol bisa dihasilkan dari fermentasi khamar, tapi juga bisa dari bahan alamiah, seperti bunga atau buah-buahan. Penggunaan alkohol yang bersumber dari fermentasi nonkhamar selama tidak digunakan untuk pangan, misalkan sebagai antiseptik, masih diperbolehkan.

Lebih baik memilih parfum yang bahan-bahannya sudah bersertifikat halal agar aman. Ini karena terdapat sejumlah produk parfum telah bersertifikat halal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?